Bisnis UKM Semakin Serius: Tren Digital untuk Usaha Kecil pada 2014

Tren-bisnis-2014Ini adalah tahun baru 2014 dan dengan itu akan muncul pandangan penuh berhati-hati terhadap pertumbuhan ekonomi tahun ini, perubahan peraturan di berbagai industri dan pengembangan lanjutan dalam ketergantungan pada internet untuk hubungan pribadi dan profesional hingga komunikasi. Ini merupakan waktu yang tidak pasti bagi banyak perusahaan, tetapi ada yang rentan jatuh di bawah kurva adalah terutama usaha kecil, ibu dan toko pop dengan anggaran dan sumber daya yang sudah pas-pasan.

Jadi bagaimana bisa usaha kecil berjalan berjuang dari nol hingga berkembang? Sebagian besar, itu datang dengan memahami peluang dan tren yang akan menampilkan diri di tahun mendatang. Pemilik usaha kecil tahu itu bukanlah permainan, itu adalah mata pencaharian mereka. Sudah waktunya untuk serius mendapatkan tentang pemahaman dan pelaksanaan rencana untuk memaksimalkan peluang bisnis di masing-masing bidang-bidang berikut ini: 

– Menuju Era Digital: Tampak sangat mendasar bahwa kita hidup di dunia yang berbasis internet namun survei web.com baru-baru ini menemukan bahwa hanya empat dari 10 usaha kecil memiliki sebuah website khusus. Itu berarti enam dari 10 usaha kecil yang kehilangan kesempatan yang luar biasa untuk menghubungkan dan terlibat dengan pelanggan potensial di tingkat online yang paling dasar, melalui situs web yang berfokus pada bisnis Sederhana. Pada tahun 2014, diharapkan untuk melihat peningkatan kehadiran Internet usaha kecil, baik pada tingkat dasar dan situs web di saluran media sosial. Usaha kecil mulai mengenali permintaan konsumen yang kuat untuk interaksi online dan akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kebutuhan ini. Ini adalah hal yang tidak perlu dipikirkan lagi, karena usaha kecil yang tidak memiliki kehadiran website online akan berada dalam bahaya yaitu jatuh di bawah kurva pertumbuhan.

– Lokal adalah di mana adanya: Persentase permintaan pencarian secara online berfokus pada bisnis lokal terus mempercepat, dengan pertumbuhan yang lebih besar dalam pencarian lokal melalui perangkat mobile. Sangat penting bahwa usaha kecil saham klaim mereka sekarang saluran lokal dasar, seperti Google Places, dan mengisi situs tersebut dengan jenis konsumen informasi yang paling mungkin untuk mencari – produk dan layanan, jam operasi, nomor telepon kontak, fisik alamat, dll dasar-dasar ini menjadi ditemukan secara lokal pergi jauh untuk memastikan bahwa bisnis memimpin jalan dalam hasil pencarian lokal. Dengan optimasi mesin pencari yang tepat (SEO) di tempat, sebuah ‘informasi bisnis kecil dapat dengan mudah muncul sangat peringkat pada hasil pencarian lokal.

– Sudah saatnya untuk bermitra: Seorang keponakan atau tetangga menyusuri jalan merancang dan memelihara situs web bisnis sebagai bantuan kepada pemilik tidak lagi cukup. Sebagai pemilik usaha kecil, harus fokus pada bisnis – bukan IT dan pemasaran online. Untuk lebih meningkatkan hasil bisnis tahun ini, pemilik usaha kecil harus mencari mitra yang memahami kebutuhan digital mereka, menyediakan sumber daya untuk menghemat waktu dan membantu mencapai sukses secara online – semua sangat ditentukan erat dalam anggaran. Dengan mencari mitra pemasaran online dengan berbagai keahlian, pemilik usaha kecil dapat fokus pada apa yang harus menjadi tujuan utama mereka yaitu membuat bisnis yang sukses.

– Gunakan Ponsel untuk peningkatan: Hari ini, hampir 30% dari semua lalu lintas web yang dihasilkan dari perangkat mobile, baik smartphone atau tablet, dan nomor yang akan paling jelas terus tumbuh karena penetrasi smartphone / tablet meningkat, perangkat mobile menjadi lebih kuat dan jaringan mobile tumbuh lebih dekat untuk memberikan pengalaman broadband rumah. Konsumen sudah menuntut pengalaman desktop ketika browsing di perangkat mobile atau tablet, dan website dioptimalkan untuk mobile akan menjadi bahan utama dalam memberikan permintaan itu. Website dengan konten terbatas dan navigasi kikuk akan cepat berlalu terlebih untuk situs dan bisnis yang memberikan pengalaman yang lebih baik.

– E-commerce akan booming: E-commerce akan diadopsi masal oleh pengusaha kecil pada tahun 2014, tetapi tidak hanya untuk barang fisik. Penyedia layanan seperti landscapers, profesional pajak, tukang pipa, dll itu akan mengenali permintaan akan penagihan elektronik invoice, faktur dan pengolahan pembayaran. E-commerce penjualan untuk tahun 2013 diperkirakan akan naik 16 persen lebih dari 2012, yang hanya akan terus meningkat pada tahun 2014, menurut eMarketer. Untuk maju dari permainan dan setara dengan usaha besar, usaha kecil harus memberikan layanan bernilai tambah yang sama, dan belanja online atau penagihan elektronik merupakan langkah besar dalam arah yang benar.

– Bayar pemasaran dan jejaring sosial untuk membangkitkan kesadaran dan mendorong penjualan: Pada tahun 2014 akan melihat usaha kecil meningkatkan upaya pemasaran berbayar untuk kedua iklan dan jaringan sosial. Dengan perubahan yang paling baru-baru ini, Facebook adalah mengemudi ke arah yang lebih bayar untuk bermain dengan model iklan mereka – yang berarti kampanye dibayar akan mendapatkan posting dan halaman visibilitas lebih. Karena salah satu sepertiga orang dewasa AS kini mendapatkan berita dari Facebook (menurut penelitian Pew Research Center), kehadiran yang kuat di Facebook, dan saluran media sosial lain seperti Pinterest, Twitter, dll, sangat penting untuk menciptakan dan memperkuat hubungan pribadi dengan pelanggan saat ini dan potensial cusmoter.

– Bicara tentang TLDs (Top Level Domain): Dengan diperkenalkannya sejumlah besar Top Level Domain (TLDs) baru dengan harga domain murah, pengusaha kecil /UKM sekarang memiliki pilihan yang lebih luas untuk membuat saat mendaftar atau memperbaharui nama domain yang berpotensi dapat menambah visibilitas dan meningkatkan hasil pencarian. Sebagai bagian dari URL di sebelah kanan titik (. Com,. Org,. Net), TLDs khusus, seperti “. NYC,” “donat.” Dan “.library,” Akan memiliki dampak yang signifikan pada tempat usaha kecil dapat ditemukan di web. Ini adalah kesempatan untuk memotong melalui kekacauan biasa pada domain “. Com,” “.net” atau “.Org” dan menyampaikan deskripsi langsung dari bisnis. Domain.id atau dikenal juga dengan anything.id kini  sudah hadir dan bisa anda dapatkan dengan harga premium.

Merupakan hal serius memiliki kehadiran online, memenuhi permintaan pelanggan yang berubah-ubah dan memaksimalkan peluang dan pergeseran dalam industri adalah apa yang memisahkan kesuksesan dari kegagalan. Bisnis besar telah mengidentifikasi daerah-daerah tersebut dan mampu menerapkan upaya digital dengan cepat, di mana para pengusaha kecil telah lambat dalam mengadopsi, terutama karena keterbatasan anggaran dan staf. Memahami bagaimana tren yang diuraikan di atas mempengaruhi bisnis Anda sangat penting untuk memaksimalkan keberhasilan Anda pada tahun 2014 dan seterusnya. Namun para pebisnis UKM jangan khawatir dengan budget yang ada untuk pembuatan website online, bisa dapatkan web hosting Indonesia yang murah berkualitas Profesional dengan fasilitas cPanel yang cukup lengkap dan mendukung online 24 jam.

Bagaimana menurut Anda di Tahun Baru 2014 ini akan membawa pengaruh ke bisnis Anda? Silakan komentar di bawah ini… 🙂

 

6 thoughts on “Bisnis UKM Semakin Serius: Tren Digital untuk Usaha Kecil pada 2014”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *